CS_News_Mall Rongsok

foto @nadiasepria

Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi modern saat ini mengakibatkan banyaknya mall yang didirikan dengan fasilitas yang memadai. Berdirinya sebuah mall yang di penuhi oleh berbagai barang bekas merupakan hal yang baru dan asing di kalangan masyarakat. Mall Rongsok adalah nama mall yang berlokasi di Jalan Bungur Raya nomor 1 Kota Depok yang didirikan oleh Nurcholis Agi. Alasan Mall ini didirikan untuk membatu masyarakat perekonomian rendah dan membuka lapangan pekerjaan. Di mall tersebut terdapat lebih dari 5000 jenis barang bekas yang tersedia dalam berbagai kondisi.

Saat ini Nurcholis memiliki 13 karyawan yang membantunya menjalankan usaha. Nama Mall Rongsok baru digunakan selama 3 tahun belakangan ini. Nama sebelumnya adalah Agi elektronik. Dinamakan mall karena pembeli yang datang langsung memilih barang kemudian membayarnya dikasir setelah selesai, persis seperti di mall pada umumnya. Tetapi yang membedakan, Mall Rongsok hanya berisikan barang bekas bukan barang-baru baru yang berkualitas tinggi.

Selain memiliki usaha Mall Rongsok, Nurcholis juga memiliki banyak usaha servis alat-alat elektronik. “Saya bikin usaha servis televisi,  komputer,  handphone, sama servis motor dan mobil.” Ujar bapak lima anak ini. Berkat usaha-usahanya tersebut kini Nurcholis memiliki asset sampai 1,4 M dengan omset 3 juta perhari dan 100 juta perbulan. Pemasok barang mall rongsok berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) dan dari berbagai perusahaan serta perorangan yang menjual atau melelang barang bekas mereka.

Bermodalkan Rp 100.000 dari hasil meminjam kepada temannya, akhirnya Ia membangun Mall Rongsok tersebut. Pernah mengalami 5 kali kebangkrutan membuat Nurcholis tidak pantang menyerah. Walaupun semua harta benda yang di milikinya habis, Ia tetap mencoba untuk membangun usahanya dengan berbagai cara. Nurcholis menginginkan Mall Rongsok dapat menjadi ikon kota depok. “Saya mau jadiin Mall Rongsok ini ikon kota Depok, jadi nantinya akan banyak investor yang datang dan siapa tau mereka mau nambahin modal buat saya perbesar usaha ini” Ujar pria empat puluh lima tahun ini. << [@arinacalista, foto @nadiasaphira]