CS_UPNews_Fans Club 4CS_UPNews_Fans Club 2CS_UPNews_Fans Club 5CS_UPNews_Fans Club 3CS_UPNews_Fans Club 1CS_UPNews_Fans Club 6

 

 

Saat ini sepak bola menjadi olahraga yang paling populer dan banyak digemari oeh masyarakat. Penggemar sepak bola berasal dari berbagai kalangan tanpa memandang kasta dan usia. Suporter  merupakan bentuk eksistensi dari masyarakat yang mempunyai kebanggan serta kecintaannya terhadap tim sepak bola.

 

Banyaknya tayangan di televisi yang menyuguhkan pertandingan sepak bola, baik dari dalam maupun luar negeri menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang digandrungi oleh banyak orang. Kini komunitas suporter bola telah memasuki wilayah universitas. Contohnya, beberapa fans club bola yang berdiri di wilayah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Diantaranya seperti fans club Liverpool, Intermilan, Manchester United, Arsenal, Real Madrid, Ac Milan dan Juventus.

 

Sebutan untuk para suporter pun berbeda beda seperti “Milanisti” yang menandakan bahwa ia pendukung club bola Ac Milan. Ada juga sebutan untuk pendukung club Juventus yaitu “Juventino” untuk laki-laki dan “Juventina” untuk wanita. Tahun 2012 menjadi tahun berdirinya fansclub bola di wilayah UPNVJ ini.

 

Kegiatan fansclub antara lain kopi darat (KOPDAR) bersama, nonton bareng (NOBAR) pertandingan tim kesayangan dan, mengadakan lomba futsal antar fansclub. “Alhamdulillah kita bekerja sama dengan Family  Futsal Cinere yang sudah menjadi homebase untuk Juventino” jelas Alfarisi salah satu Juventino.

 

Sosialisasi fansclub ke mahasiwa UPN Veteran Jakarta melalui jejaring sosial. Jadi apabila ada peminat baru yang ingin bergabung, dapat menghubungi akun jejaring sosial yang telah disediakan seperti @UPNVJ_Kopites, @INTER_UPNVJ, @UnitedVeteran, @GOONER_UPNVJ, @Madrid_UPNVJ, @Milanisti_UPNVJ, @Juventus_UPNVJ. Atribut pendukung dari tiap-tiap fansclub mulai dari baju, stiker, banner, serta kartu pengenal untuk tiap member dari fansclub tersebut. Beragamnya fansclub yang berada di lingkungan kampus, tidak pernah menimbulkan perselisihan antar fansclub. <<[@arinacalista, foto twitter.com]