CS_Profile_Mardial

Foto @dennisaden28

Belakangan ini sering kita lihat di televisi seorang tokoh baru yang langsung populer. Arya Wiguna, yang mulai dikenal masyarakat banyak ketika kasusnya dengan Eyang Subur mulai terangkat kepermukaan. Kasusnya yang unik serta seringnya ia muncul di televisi, membuat Hazein Mardial mendapatkan ide me-remix ucapan Arya di televisi. Berawalkan dari iseng-iseng dan hobi membuat musik, mendatangkan keuntungan untuk Mardial. Tawaran kerja pun mulai berdatangan untuk mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta tahun 2008 ini.

Apa alasan membuat video remix Arya Wiguna “Demi Tuhan”?

Awalnya hanya iseng saja. Pertama, saya memang suka membuat lagu, lalu saya lihat ada kasus ini ya udah saya iseng nge-remix.

Darimana inspirasi membuat video remix itu?

Karena, diluar negeri banyak video remix. Kalau di Youtube, banyak video remix tentang kasus-kasus yang sedang hits, lalu di remix sama orang. Alasannya untuk lucu-lucuan saja. Jadi saya terinspirasi dari orang-orang di Youtube itu.

Faktor-faktor apa yang membuat anda membuat video remix Arya Wiguna?

Pertama, faktor kasusnya dia dengan Eyang Subur itu. Dia jadi sering terlihat di televisi, orang-orang yang menonton pasti muak melihat dia terus. Jadi saya mau membuat sesuatu yang fresh, biar ada sesuatu yang bisa dijadiin komedi dibalik kasus ini.

Sejak kapan suka me-remix?

Saya memang dasarnya Electronic Dance Music (EDM) Producer sudah lumayan lama. Saya sudah membuat musik sejak SMA, tapi terjun ke profesionalnya, sebagai Disc Jockey (DJ) baru sekitar dua tahun.

Apa perasaan Anda ketika melihat video remix buatan anda ditayangkan di televisi dan diperdengarkan di radio?

Awalnya saya kaget. Lalu, saya khawatir juga. Saya takutnya si Arya nya kesenengan dan melupakan kasusnya dia. Karena dia awalnya terkenal karena kasus, tapi kenapa sekarang dia bertingkah seperti selebritis. Padahal tujuan saya membuat video remix itu hanya bercandaan saja. Kalaupun sampai di komersilkan atau di uangkan, ya sudah biar mereka aja yang mengkomersilkan.

Apakah ada izin dari stasiun TV dan Radio ketika pertama kali menggunakan remix Anda?

Saya kan bukan orang terkenal, jadi sulit untuk mencari kontak saya. Jadi di awal-awal minggu video itu meledak, mereka langsung menayangkan saja video itu. Tapi, setelah itu mereka mulai mencari kontak saya dan mulai meminta izin untuk menggunakan karya saya tersebut.

Apa efek dari meledaknya video buatan Anda untuk Anda sendiri?

Saya mendapatkan beberapa tawaran kerja sebagai editor. Karena orang-orang menganggap video saya itu lebih ke skill meng-edit padahal untuk saya sendiri, skill edit video itu hanya tinggal drag saja. Sebenarnya yang lumayan sulit itu pembuatan lagunya. Tapi karena saya sedang skripsi jadi belum berani ambil tawaran-tawaran itu. Mungkin nanti setelah skripsi kalu mereka masih butuh, akan saya ambil. <<[@arinacalista, foto @dennisaden28]