Foto Meidy Caesar Syahdini

Foto @meidycs

KangNong merupakan salah satu nama Duta Wisata dan Budaya untuk Daerah Banten, termasuk Tangerang Selatan. Kang itu di peruntukan untuk lelaki dang Nong itu untuk sebutan untuk perempuan. Walupun ada Kota dan Kabupaten lain di Daerah Banten, tetapi nama untuk Duta Wisata dan Budaya namanya pun berbeda. ada 8 wilayah di Daerah Banten. Beberapa diantaranya termasuk Kabupaten Pandeglang  yang menamai Duta Wisata dan Budayanya adalah Kaka Teteh. Berikut hasil wawanara kami dengan  Helga Irena Pratiwi juara Kangnong tahun 2012 :

Apa alasan anda mengikuti ajang KangNong ini?

Aku coba ikut karena emang aku pikir itu meraik dan bisa memperkenalkan budaya Tangerang Selatan ke daerah-daerah lainnya. Awalnya justru sebelum aku ikut audisi, beberapa hari sebelumnya aku bener-bener belum tau kalau Tangerang Selatanada pemilihan KangNong. Nah mamah aku dengar ddari iklan gitu dan langsung nawarin ke aku, nah mulai dari situ aku pikir kenapa ngga aku ikut aja toh acaranya pun menurut aku menarik.

Apakah ada oeryaratan tertentu untuk mengikuti KangNong?

          Ada. Syarat umumnya adalah umurnya mulai dari 17-24 tahun, harus orang-orang yang berdomisili di Tangerang Selatan, punya loyalitas yang baik, dan untuk Kang-nya harus memiliki tinggi minimal170 serta untung Nong-nya minimal 160.

Ada kegiatan apa saja jika sudah masuk seleksi KangNong?

Tahap pertama yaitu perkenalan, tes tertulis yang mencakup pengetahuan umum dan psikotes. Kemudian diseleksi menjadi 40 besar, 20 Kang dan  20 Nong. Setelah itu tahap kedua yaitu interview ke semua juri. Satu juri kira-kira memberika pertanyaan sekita2-4 pertanyaan, serta ada adu bakat juga. Setelah itu baru penentuan finalis, 12 Kang beserta Nong. Tahap selanjtnya pembinaan, karantin, dan menuju ke Grand Final. Semua yang terpilih menjadi finalis, secara otomatis sudah menjadi KangNong juga.

Acara KangNong ini  apa saja sih kegiatannya dan memakan waktu berapa lama?

Kegiatannya hadir diacara-acara Protokoler resmi dari kantor budaya dan wisata Tangerang Selatan, seperti menyambut walikota, menyambut tamu-tamu Walikota atau Gubernur daerah lain, menjadi Tour Guide untuk tamu-tamu besar yang berkunjung ke daerah Tangerang Selatan, dll. Selain mensosialisasikan KangNong serta wisata dan budaya Tangerang Selatan ke tamu-tamu besar, KangNong ini juga ada kunjungan ke daerah-daerah lain, seperti kemarin di Manado, Palangkaraya untuk mensosialisasikanTangerang Selatan dan KangNong itu sendiri. Berlangsungnya acara dari tahap audisi, pembinaan, karantina, sampai Grand Final sekitar 3minggu.

Apa Kiat anda buat jadi pemenang dan akhirnya pun anda dipilih menjadi juara 1 ajang KangNong ini?

          Helga selalu menari tau apa saja wisata-wisata yang ada di Tangerang Selatan dll. Saya juga mengikuti tahap dari audisi sampai melaju ke Grand Final saya lakukan sebisa saya dan tak luput dari doa dan usaha. Intinya Helga tidak tahu kenapa saya bisa menang. Saya merasa saat dipanggung Grand Final itu benar-benar apa yang saya tampilkan berjalan dengan lancar. Justru ketika saya ada dimasa karantina saya  selalu merasa deg-degan. Saya juga tidak menyangka kalau saya yang menjadi pemengangnya. Terlintas dipikiran saya, saya hanya juara harapan atau paling tidak jura terfavorite.

Kegiatan apa tampilkan di acara KangNong?

Tanya Jawab antar peserta dan dewan juri, menarian tarian khas daerah, dan fashion show baik dilakukan sendiri maupun dilakukan berpasangan.

Apa langkah kedepannya setelah berhasil menjadi pemenang KngNong tahun 2012?

          Yang pasti menjalankan tugas-tugas  resmi dari kantor Budaya Pariwisata Tngerang Selatan. Disamping tugas-tugas itu saya dan reka-rekan KangNong lainnya juga menampilkan tarian kreasi Tangerang Selatan dan mensosialisasikan KangNong dan Tangerang Selatan ke sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMA, dan Universitas  seperti STAN. Itu semua kita yang membuat sendiri tujuannya untuk menciptakan eksistensi Tangerang Selatan.

Apa Harapan anda untu penerus KangNong Tangerang Selatan?

          Semoga tetap bisa menjadi Tour Guide yang baik dan benar-benar menjadi Duta Budaya dan Pariwisata. Tidak hanya nama dan menjalankan tugas-tugas resmi saja, tetapi gimana caranya agar KangNong dan Wisata Budaya di Tangerang Selatan semakin eksis. <<[@fitriasrianggi, foto @meidycs]