foto @arinacalista

foto @arinacalista

Monas yang memiliki kepanjangan Monumen Nasional, berada tepat di pusat kota Jakarta. Monumen setinggi 132 meter ini sudah berdiri semenjak tahun 1975. Hal yang paling mengagumkan dari Monumen khas Ibu Kota ini adalah, di puncak Monumen terdapat emas yang berbentuk seperti api setinggi 14 meter, terbuat dari 14,5 ton perunggu serta dilapisi 50kg emas.

Didalam Monas, terdapat diorama yang menggambarkan masa-masa penjajahan yang pernah dialami Indonesia. Pada ketinggian 115 meter, kita dapat melihat pemandangan Jakarta dengan menggunakan teropong yang disediakan pihak pengurus Monas. Biasanya, sering terjadi antrian panjang menuju puncak Monas, khususnya mendekati hari-hari besar yang diselenggarakan di Jakarta.

Pada HUT Jakarta yang ke 486 ini, masyarakat mengharapkan agar Monas lebih dirawat. “Monas kan sudah seperti lambang Jakarta, kalau tidak dirawat nanti cepet rusak dan keliatan nggak keurus. Mulai dari yang kecil aja deh seperti sampah. Buanglah di tempat sampah yang sudah di sediakan pihak pengurus” Ujar Tuti, salah seorang pengunjung Monas.

Monumen Nasional merupakan icon atau lambang dari Kota Jakarta. Sehingga, sangat disayangkan jika keberadaannya tidak dirawat oleh kita sendiri, masyarakat yang tinggal di Jakarta. (@arinacalista, foto @arinacalista)